Tuesday, March 6, 2012

4 Tips Mengatur Keuangan Sejak Usia 20-an



Tips Mengatur Keuangan Sejak Usia 20-an. Umumnya para wanita di usia 20-an kerap tidak tertarik memiliki rencana keuangan. Padahal, rencana keuangan merupakan hal yang penting untuk masa depan finansial dalam beberapa dekade yang akan datang. Bagi Anda yang masih muda, sebaiknya sudah mulai memikirkan rencana ke depan yang diinginkan seperti apa.



Karena masih terbilang muda, Anda juga memiliki banyak waktu untuk memperoleh uang yang banyak sebelum harus berpikir tentang masa pensiun nanti. Dengan mengambil beberapa langkah awal yang sederhana dalam karir, Anda tak akan pernah terlambat untuk memulai. Sehingga secara signifikan dapat meningkatkan sumber kualitas kehidupan di masa depan. Seperti dilansir eHow, ada empat tips mengatur keuangan yang wajib Anda lakukan sejak usia muda.


Tips Mengatur Keuangan

1. Perencanaan Keuangan untuk Pensiun

Jika umur Anda masih berkisar 20-an, mungkin Anda berpikir bahwa merencanakan keuangan untuk masa pensiun merupakan keputusan yang diambil terlalu cepat. Sebenarnya tidak, karena semakin mulai secara dini, semakin baik juga kehidupan Anda nantinya pada masa pensiun yang akan datang.



Menerapkan hal tersebut bukan berarti tidak bisa menyimpan uang untuk keperluan saat sekarang ini. Misalnya mengumpulkan uang untuk menikah, membeli rumah sendiri atau membeli kendaraan pribadi. Itu semua bisa terpenuhi jika dapat mengatur keuangan secara teratur. Yang harus dilakukan adalah menyimpan 10% dari hasil pendapatan selama sebulan. Jika dilakukan secara teratur, maka ini akan menjadi kebiasaan yang baik.



2. Mempertimbangkan Penggunaan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit saat berbelanja memang terbilang mudah dan praktis. Apalagi jika membeli barang dengan nominal harga yang tidak sedikit. Memang lebih baik menggunakan kartu kredit ketimbang harus membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak. Namun, penggunaan kartu kredit juga harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Jangan sampai Anda menggunakannya dengan alasan tidak sanggup membeli dengan uang tunai. Jadi, jika memutuskan untuk memakai kartu kredit, gunakanlah secara cermat dan hemat.



3. Membuat Dana Darurat

Buatlah dana darurat secepat mungkin. Dana darurat merupakan sejumlah uang yang perlu Anda sisihkan untuk membantu membayar biaya-biaya tidak terduga. Misalnya, Anda mendadak harus membayar tagihan rumah sakit atau tagihan mobil rusak. Dengan cara ini, jika sewaktu-waktu Anda mendadak membutuhkan uang, maka tidak akan pusing-pusing lagi karena uang sudah tersedia.



4. Simpan Uang untuk Sesuatu yang Besar

Maksud dari menyimpan uang untuk sesuatu yang besar yaitu jika Anda menginginkan sebuah rumah atau pergi naik haji, maka apa yang Anda inginkan tersebut nantinya akan tercapai. Jadi sebaiknya mulai rencanakan keuangan Anda untuk masa depan dari sekarang.




No comments:

Post a Comment